Sabtu, 05 Februari 2011

Bismillah....semoga jadi awalan dan bukan akhiran :)

Aku bercita-cita ingin menjadi pejabat daerah bidang ekonomi. Secara logika, untuk mencapai cita-cita besar maka dibutuhkan rencana strategis. Untuk jangka pendek, aku mempunyai renstra memperdalam ilmu ekonomi dan politik di kampus. Targetannya aku harus mempunyai prestasi akademik dan organisasi atas usahaku sendiri. 

Alhamdulillah pada tingkat dua aku berhasil meraih prestasi The 3rd Winner in Aspiration in Economy “The Effects of Global Warming on Macroeconomy in Indonesia”, yang diadakan oleh Himpunan Profesi Ilmu Ekonomi IPB pada tahun 2007. Satu tahun kemudian aku bersama temanku Qorry dan Meyka berhasil meraih The 3rd Winner Economics Day, yang diselenggarakan oleh Universitas Katolik Atma Jaya. 

Pada tahun 2009, alhamdulillah aku mendapat empat prestasi lomba sekaligus. Aku diberi kesempatan mendapat Juara II Opini Mahasiswa oleh BEM Fakultas Pertanian IPB, Juara III Economic Essay Competition dalam acara “Economic View” oleh Himpunan Profesi Ilmu Ekonomi IPB, The 2rd Young Economist Oleh HIPOTEX-R IPB Tingkat Nasional, The 3rd Young Politics oleh BEM FEM IPB Tingkat IPB. Selanjutnya pada tahun terakhirku sebagai mahasiswa IPB, aku beserta temanku Imam dan Valentina terpilih sebagai Perwakilan IPB dalam Lomba Debat Konstitusi Mahkamah Konstitusi RI tahun 2010. 

Sebagai pengalaman melayani sekaligus memimpin publik, di BEM Fakultas aku dipercaya menjadi Sekretaris Departemen Politik, Kajian Strategis & Advokasi tahun 2007 sampai 2008. Selanjutnya pada tahun 2008 sampai 2009 dipercaya kembali berkontribusi di BEM Fakultas dan Pusat sebagai Kepala Departemen Perekonomian, Ketua Divisi Kajian Ekonomi IPB Social Politic Center IPB, dan staf ahli Presiden Mahasiswa IPB ( anggota Majelis Wali Amanah IPB). 

Meskipun pada tingkat terakhirku sebagai mahasiswa IPB aku menghadapi pilihan yang sulit. Aku harus memilih lulus tepat waktu (empat tahun) atau menunda kelulusan demi bekerja setahun lagi di BEM IPB (Pusat). Akhirnya atas beberapa pertimbangan aku memilih bekerja di BEM Pusat sebagai Direktur IPB Social Politic Center tahun 2009 sampai 2010. 

Pilihan itu kulakukan karena aku merasa belum memberikan yang terbaik untuk publik. Hampir semua prestasiku belum ada yang secara riil bernilai jangka panjang bagi publik. Aku berpikir dunia sosial politik IPB butuh wadah pencerdasan sebagai salah satu program regenerasi kepemimpinan selanjutnya. Oleh karena itu tahun 2010 melalui BEM IPB Pusat, aku mencanangkan IPB Political School dengan aku sebagai salah satu pembinanya.

Alhamdulillah, untuk bidang akademik aku berhasil lulus bersamaan dengan berakhirnya masa kerjaku di BEM KM. IPK terakhirku sebagai mahasiswa Ilmu Ekonomi adalah 3,24 dengan nilai akhir skripsi A. Skripsi hasil penelitianku di bidang ekonomi politik pada daerah Pesisir Barat Lampung.

Aku yakin di luar sana banyak orang yang lebih hebat daripada aku. Akan tetapi aku sangat bersyukur sampai saat ini Allah telah membantuku menepati janji kepada orang tuaku untuk seimbang antara organisasi dan akademik. Sekaligus janji kepada diri untuk optimal menyiapkan diri menjadi pemimpin kelak, Insya Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar